Rabu, 19 Maret 2014

Gebyar Pramuka 2014


PETUNJUK TEKNIS GEBYAR PRAMUKA KE VII
SMA NEGERI 7 BEKASI
PETUNJUK TEKNIS
LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN GEBYAR PRAMUKA VII SMAN 7 BEKASI TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTS SE-JABODEBEK TAHUN 2014
I.        PERSYARATAN DAN TATA TERTIB
1.     Peserta adalah anggota Pramuka Penggalang yang aktif di Gugus Depannya dengan dilampirkan Surat Keterangan/Mandat Ka. Mabigus/Kepala Sekolahnya masing-masing.
2.     Setiap Gugus Depan dapat mengirimkan minimal 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri.
3.     Jika suatu gugus depan yang anggota tidak cukup untuk mengikuti keseluruhan mata lomba, diperbolehkan memilih beberapa mata lomba sesuai dengan keadaan anggotanya dan tidak berpengaruh terhadap perhitungan juara umum.
4.     Peserta telah mendaftar dan menyerahkan formulir pendaftaran.
5.     Setiap peserta wajib memakai pakaian seragam Pramuka lengkap.
6.     Setiap peserta wajib membawa perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan lomba.
7.      Peserta wajib mengikuti Technical Meeting yang diwakili oleh Pembina/Pembantu Pembina serta Pemimpin Regu.
8.     Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting dianggap telah menyetujui hasil Technical Meeting dan tidak ada keterangan susulan
9.     Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan serta penutupan dan apabila ada peserta yang pulang sebelum acara selesai maka segala keputusan apapun dari dewan juri akan dibatalkan.
10.  Peserta yang berasal dari Kota Bekasi wajib datang pukul 07.00 WIB
11.  Khusus peserta yang datangnya dari luar Kota Bekasi akan diberikan dispensasi, dengan ketentuan sebagai berikut :
• Untuk yang berasal dari Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 30 menit.
• Untuk yang berasal dari luar Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 45 menit.
12.  Peserta dilarang membawa senjata tajam kecuali gunting kecil/cutter yang diperlukan untuk lomba.
13.   Peserta dilarang membawa buku yang berkaitan dengan materi yang akan dilombakan.
14.  Peserta tidak diperbolehkan meminjam perlengkapan dan atau bekerja sama dengan peserta lain.
15.  Setiap regu dilarang mengganti anggotanya tanpa seizin Panitia.
16.  Setiap peserta boleh mengikuti dua mata lomba dengan catatan waktunya tidak bersamaan.
17.   Peserta dilarang keras membawa dan menghisap rokok, membawa dan memakai narkoba, membawa dan meminum minuman keras.
18.  Peserta harus menjaga kebersihan, ketertiban, keindahan dan kenyamanan lingkungan
19.  Peserta harus menjaga persatuan dan persaudaraan dengan peserta lain dan dilarang keras mengganggu, mengejek atau menghina peserta lain.
20.  Peserta yang melanggar tata tertib akan didiskualifikasi.
Persyaratan dan tata tertib yang belum tercantum di sini akan dibicarakan pada saat technical meeting.

PETUNJUK PENDAFTARAN , TECHNICAL MEETING DAN PENGHARGAAN
LOMBA TANGKAS PENGGALANG GEBYAR PRAMUKA SMAN 7 BEKASI
TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTS SEJABODETABEKA TAHUN 2013
I.               PENDAFTARAN
Waktu             : Pendaftaran dimulai semenjak surat ini beredar s/d
Tempat           : SMA Negeri 7 Kota Bekasi Jl. Lingkar Tata Kota No. 107 kec.          Jatisampura Bekasi
Biaya               :             1. SD             Rp. 100.000/Regu
                                      2. SMP          Rp. 150.000/Regu
Persyaratan     : Membawa formulir dan surat mandat dari pangkalan masing-masing


II.              TECHNICAL MEETING
Hari                 : 20 April 2014
Waktu             : 13.00 WIB
Tempat           : SMA Negeri 7 Kota Bekasi
Pakaian          : Bebas sopan


III.           CATATAN
No urut peserta sesuai no pendaftaran
Sebelum melakukan pendaftaran harap menghubungi panitia/contact person
Pemberitahuan lebih lanjut dapat dilihat dari :
Group Facebook         : Gebyar Pramuka 7
Twitter                        : @pramukaSMAN7



IV.            TROPHI JUARA

1.      Lomba LKBBT
A.    Tingkat SD/Sederajat Putra
-       Juara 1                                                       Juara Harapan 1
-       Juara 2                                                      Juara Harapan 2
-       Juara 3                                                      Juara Harapan 3
B.    Tingkat SD/Sederajat Putri
-       Juara 1                                                       Juara Harapan 1
-       Juara 2                                                      Juara Harapan 2
-       Juara 3                                                      Juara Harapan 3
C.    Tingkat SMP/Sederajat Putra
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3
D.    Tingkat SMP/Sederajat Putri
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3

2.     Lomba Hiking Rally
A.    Tingkat SMP/Sederajat Putra
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3
B.    Tingkat SMP/Sederajat Putri
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3

3.     Lomba PUPK
A.    Tingkat SD/Sederajat Putra
-       Juara 1                                                       Juara Harapan 1
-       Juara 2                                                      Juara Harapan 2
-       Juara 3                                                      Juara Harapan 3
B.    Tingkat SD/Sederajat Putri
-       Juara 1                                                       Juara Harapan 1
-       Juara 2                                                      Juara Harapan 2
-       Juara 3                                                      Juara Harapan 3
4.     Maket Pioneering
A.    Tingkat SMP/Sederajat Putra
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3
B.    Tingkat SMP/Sederajat Putri
-       Juara 1
-       Juara 2
-       Juara 3

5.     Trophi Juara umum
A.    Tingkat SD/Sederajat
B.    Tingkat SMP/Sederajat

6.    Trophi Danton terbaik
A.    Tingkat SD/Sederajat
B.    Tingkat SMP/Sederajat

7.     Trophi Kelas Regu Terbersih

8.    Trophi Regu Terfavorit tingkat SD

Contact Person
Masyudha Mahliana       : 0896-951-20685
Ibrahim Aji                       : 0897-982-9063
Giant Nugroho                 : 0815-100-89566
Arfiyyah                            : 0896-055-37445
  

II.      KETENTUAN  LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN GEBYAR PRAMUKA VII TINGKAT SD/MI, SMP/MTS.

HIKING RALLY

A.    Petunjuk Pelaksanaan 
1.      Peserta lomba adalah anggota yang aktif di gugus depan. 
2.     Peserta wajib menyelesaikan administrasi (pendaftaran & pembayaran).
3.     Peserta diharuskan sudah berada di lokasi perlombaan 15 menit sebelum acara dimulai. 
4.     Peserta memakai pakaian Pramuka lengkap (Kacu, tali kur, TKU bantara).
5.     Peserta  terdiri  atas  2  regu;  regu  putra  dan  regu  putri.  Tiap  regu  terdiri  dari  10 orang penggalang.
6.     Selama perjalanan Hiking Rally, peserta dilarang: 
i)      Membawa alat komunikasi 
ii)    Menggunakan  alat  transportasi,  kecuali  dengan  izin  panitia  (dalam  keadaan 
           mendesak, sakit dll)
iii)   Membawa uang 
iv)   Membawa benda tajam dan benda lain yang membahayakan 
v)    Bekerja sama dengan sangga lain 
vi)   Menambah, mengurangi atau mengganti anggota 
       *(bila melanggar, peserta akan didiskualifikasi) 
vii) Jarak yang ditempuh ± 4km 
viii)         Peserta harus menjaga kebersihan dan ketertiban selama lomba berlangsung. 
ix)   Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia. 
x)     Jika  terjadi  kondisi-kondisi  yang  tidak  memungkinkan,  panitia  berhak  mengubah 
peraturan perlombaan.
xi)   Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

B.    Petunjuk Teknis 

1.     Terdiri atas 5 pos:

·       Pos 1               : SMS (masing-masing 4 orang mengerjakan soal sandi, menjawab                                                                                            pesan morse bendera, semaphore, dan morse peluit)
·       Pos 2               : PPPK (masing-masing 2 orang membuat tandu,  
  membalut luka, dan mengerjakan soal tertulis teori PPPK) 
·       Pos 3               : Bongkar Pasang Tenda
-       10 Orang membuat tenda yang sudah disediakan panita
·      Pos 4               : KIM dan Speech Contest
-       Peserta terdiri dari 1 orang dari satu regu
-       Tema Speech Contest : Lingkungan, Tanah air
·       Pos 5               : PUPK ( masing-masing 2 orang mengerjakan soal Kepramukaan, Pengetahuan umum, MTK, TIK, dan agama)

2.     Peserta diberikan waktu 3 jam untuk perjalanan

3.     Barang yang harus dibawa: 
·       Makanan dan minuman seperlunya 
·       Obat-obatan pribadi 
·       Perlengkapan sesuai mata lomba masing-masing 
-       Tongkat dan anak tongkat 
-       Tali tambang 
-       Bidai dan mitela
-       Alat tulis 
-       Ponco / jas hujan
-       Patok 
-       Polybag

Maket 

A. Petunjuk Pelaksanaan 
1.     Peserta lomba adalah anggota yang aktif di gugus depan. 
2.     Peserta wajib menyelesaikan administrasi (pendaftaran & pembayaran). 
3.     Peserta diharuskan sudah berada di lokasi perlombaan 15 menit sebelum acara dimulai. 
4.     Peserta memakai pakaian Pramuka lengkap. 
5.     Setiap pangkalan mengirimkan 2 peserta (wajib selang sekar). 
6.     Peserta wajib membawa perlengkapan masing-masing. 
7.     Sebelum  perlombaan  dimulai,  panitia  berhak  memeriksa  seluruh  alat  dan  bahan  yang 
8.     akan digunakan peserta. 
9.     Seluruh proses pembuatan maket harus dilaksanakan di tempat lomba (on the spot). 
10.  Peserta dilarang membawa kerangka maket setengah jadi. 
11.  Alat yang diperbolehkan untuk dibawa; cutter/silet, gergaji kecil, dan gunting 
12.  Peserta dilarang membawa alat komunikasi selama lomba berlangsung. 
13.  Peserta harus menjaga kebersihan dan ketertiban selama lomba berlangsung. 
14.  Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia
15.  Jika  terjadi  kondisi-kondisi  yang  tidak  memungkinkan,  panitia  berhak  mengubah peraturan perlombaan. 
16.  Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. 

B. Petunjuk Teknis

1.     Maket yang dibuat adalah kereta api. 
2.     Bahan yang diperbolehkan untuk membuat maket hanya sumpit dan benang. 
3.     Sumpit harus berwarna hitam dan dalam keadaan utuh
4.     Alas diperbolehkan untuk dihias terlebih dahulu. 
5.     Peserta  yang  ingin  meninggalkan  spot  maket,  harus  izin  terlebih  dahulu  kepada  panitia dan  panitia  berhak  memeriksa  peserta  sebelum  dan  sesudah  peserta  meninggalkan  spot maket. 
6.     Bagi peserta yang terlambat, dipersilahkan mengikuti lomba namun tidak akan mendapat 
7.     waktu  tambahan.Pada  saat  30  menit  dan  10  menit  terakhir  peserta  akan  diberikan 
8.     pemberitahuan. 

C. Peraturan dan Sanksi 
1.     Peserta tidak mengenakan pakaian Pramuka lengkap -10 poin/item. 
4.     Peserta yang membawa kerangka menara pisa setengah jadi akan didiskualifikasi. 
5.     Peserta  meminjam atau meminta alat dan bahan kepada peserta lain, -20 poin. 
6.     Peserta membawa atau menggunakan alat atau bahan selain yang diperbolehkan, alat atau bahan akan disita serta dikurangi 25 poin.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© OSIS SMA Negeri 7 Kota Bekasi All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates