PETUNJUK
TEKNIS GEBYAR PRAMUKA KE VII
SMA
NEGERI 7 BEKASI
PETUNJUK TEKNIS
LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN GEBYAR PRAMUKA VII SMAN 7 BEKASI TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTS SE-JABODEBEK TAHUN 2014
LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN GEBYAR PRAMUKA VII SMAN 7 BEKASI TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTS SE-JABODEBEK TAHUN 2014
I.
PERSYARATAN DAN TATA TERTIB
1. Peserta adalah anggota Pramuka
Penggalang yang aktif di Gugus Depannya dengan dilampirkan Surat
Keterangan/Mandat Ka. Mabigus/Kepala Sekolahnya masing-masing.
2. Setiap Gugus Depan dapat mengirimkan
minimal 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri.
3. Jika suatu gugus depan yang anggota
tidak cukup untuk mengikuti keseluruhan mata lomba, diperbolehkan memilih
beberapa mata lomba sesuai dengan keadaan anggotanya dan tidak berpengaruh terhadap
perhitungan juara umum.
4. Peserta telah mendaftar dan menyerahkan
formulir pendaftaran.
5. Setiap peserta wajib memakai pakaian
seragam Pramuka lengkap.
6. Setiap peserta wajib membawa
perlengkapan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan lomba.
7. Peserta wajib mengikuti Technical Meeting yang
diwakili oleh Pembina/Pembantu Pembina serta Pemimpin Regu.
8. Peserta yang tidak mengikuti
Technical Meeting dianggap telah menyetujui hasil Technical Meeting dan tidak
ada keterangan susulan
9. Peserta wajib mengikuti upacara
pembukaan serta penutupan dan apabila ada peserta yang pulang sebelum acara
selesai maka segala keputusan apapun dari dewan juri akan dibatalkan.
10. Peserta yang berasal dari Kota
Bekasi wajib datang pukul 07.00 WIB
11. Khusus peserta yang datangnya dari
luar Kota Bekasi akan diberikan dispensasi, dengan ketentuan sebagai berikut :
• Untuk yang berasal dari Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 30 menit.
• Untuk yang berasal dari luar Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 45 menit.
• Untuk yang berasal dari Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 30 menit.
• Untuk yang berasal dari luar Kab. Bekasi, diberikan dispensasi 45 menit.
12. Peserta dilarang membawa senjata
tajam kecuali gunting kecil/cutter yang diperlukan untuk lomba.
13. Peserta dilarang membawa buku yang berkaitan
dengan materi yang akan dilombakan.
14. Peserta tidak diperbolehkan meminjam
perlengkapan dan atau bekerja sama dengan peserta lain.
15. Setiap regu dilarang mengganti anggotanya
tanpa seizin Panitia.
16. Setiap peserta boleh mengikuti dua
mata lomba dengan catatan waktunya tidak bersamaan.
17. Peserta dilarang keras membawa dan menghisap
rokok, membawa dan memakai narkoba, membawa dan meminum minuman keras.
18. Peserta harus menjaga kebersihan,
ketertiban, keindahan dan kenyamanan lingkungan
19. Peserta harus menjaga persatuan dan
persaudaraan dengan peserta lain dan dilarang keras mengganggu, mengejek atau
menghina peserta lain.
20. Peserta yang melanggar tata tertib
akan didiskualifikasi.
Persyaratan dan
tata tertib yang belum tercantum di sini akan dibicarakan pada saat technical
meeting.
PETUNJUK PENDAFTARAN , TECHNICAL MEETING DAN PENGHARGAAN
LOMBA TANGKAS PENGGALANG GEBYAR PRAMUKA SMAN 7 BEKASI TINGKAT SD/MI DAN SMP/MTS SEJABODETABEKA TAHUN 2013
I.
PENDAFTARAN
Waktu : Pendaftaran dimulai semenjak
surat ini beredar s/d
Tempat : SMA Negeri 7 Kota Bekasi Jl.
Lingkar Tata Kota No. 107 kec.
Jatisampura Bekasi
Biaya :
1. SD Rp.
100.000/Regu
2. SMP Rp.
150.000/Regu
Persyaratan
: Membawa formulir dan surat mandat
dari pangkalan masing-masing
II.
TECHNICAL
MEETING
Hari : 20 April 2014
Waktu : 13.00 WIB
Tempat : SMA Negeri 7 Kota Bekasi
Pakaian : Bebas sopan
III.
CATATAN
No urut peserta sesuai no
pendaftaran
Sebelum
melakukan pendaftaran harap menghubungi panitia/contact person
Pemberitahuan
lebih lanjut dapat dilihat dari :
Group
Facebook : Gebyar Pramuka 7
Twitter :
@pramukaSMAN7
IV.
TROPHI
JUARA
1.
Lomba LKBBT
A.
Tingkat SD/Sederajat Putra
- Juara
1 Juara
Harapan 1
- Juara
2 Juara
Harapan 2
- Juara
3 Juara
Harapan 3
B.
Tingkat SD/Sederajat Putri
- Juara
1 Juara
Harapan 1
- Juara
2 Juara
Harapan 2
- Juara
3 Juara
Harapan 3
C.
Tingkat SMP/Sederajat Putra
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
D.
Tingkat SMP/Sederajat Putri
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
2.
Lomba Hiking Rally
A.
Tingkat SMP/Sederajat Putra
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
B.
Tingkat SMP/Sederajat Putri
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
3.
Lomba PUPK
A.
Tingkat SD/Sederajat Putra
- Juara
1 Juara
Harapan 1
- Juara
2 Juara
Harapan 2
- Juara
3 Juara
Harapan 3
B.
Tingkat SD/Sederajat Putri
- Juara
1 Juara
Harapan 1
- Juara
2 Juara
Harapan 2
- Juara
3 Juara
Harapan 3
4.
Maket Pioneering
A.
Tingkat SMP/Sederajat Putra
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
B.
Tingkat SMP/Sederajat Putri
- Juara
1
- Juara
2
- Juara
3
5.
Trophi Juara umum
A.
Tingkat SD/Sederajat
B.
Tingkat SMP/Sederajat
6.
Trophi Danton terbaik
A.
Tingkat SD/Sederajat
B.
Tingkat SMP/Sederajat
7.
Trophi Kelas Regu Terbersih
8.
Trophi Regu Terfavorit tingkat SD
Contact Person
Masyudha
Mahliana : 0896-951-20685
Ibrahim
Aji : 0897-982-9063
Giant
Nugroho : 0815-100-89566
Arfiyyah
:
0896-055-37445
II.
KETENTUAN LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN GEBYAR PRAMUKA VII
TINGKAT SD/MI, SMP/MTS.
HIKING
RALLY
A.
Petunjuk Pelaksanaan
1.
Peserta lomba adalah anggota yang aktif di gugus depan.
2. Peserta wajib menyelesaikan administrasi (pendaftaran & pembayaran).
3.
Peserta diharuskan sudah berada di lokasi perlombaan 15 menit sebelum acara dimulai.
4.
Peserta memakai pakaian Pramuka lengkap (Kacu, tali kur, TKU bantara).
5.
Peserta terdiri atas 2 regu; regu putra dan regu putri. Tiap regu terdiri dari 10 orang penggalang.
6.
Selama perjalanan Hiking Rally, peserta dilarang:
i)
Membawa alat komunikasi
ii)
Menggunakan alat transportasi, kecuali dengan izin panitia (dalam keadaan
mendesak, sakit dll)
iii)
Membawa uang
iv)
Membawa benda tajam dan benda lain yang membahayakan
v)
Bekerja sama dengan sangga lain
vi)
Menambah, mengurangi atau mengganti anggota
*(bila melanggar, peserta akan didiskualifikasi)
vii)
Jarak yang ditempuh ± 4km
viii)
Peserta harus menjaga kebersihan dan ketertiban selama lomba berlangsung.
ix)
Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia.
x)
Jika terjadi kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan, panitia berhak mengubah
peraturan perlombaan.
xi)
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
B.
Petunjuk Teknis
1.
Terdiri atas 5 pos:
·
Pos 1 : SMS (masing-masing 4 orang mengerjakan soal sandi,
menjawab
pesan morse bendera, semaphore,
dan morse peluit)
· Pos 2 : PPPK (masing-masing 2 orang membuat tandu,
membalut luka, dan mengerjakan soal tertulis teori PPPK)
· Pos 3 :
Bongkar Pasang Tenda
-
10 Orang membuat tenda yang sudah
disediakan panita
·
Pos 4 : KIM dan Speech Contest
-
Peserta terdiri dari 1 orang dari
satu regu
-
Tema Speech Contest : Lingkungan,
Tanah air
·
Pos 5 : PUPK ( masing-masing 2 orang mengerjakan soal
Kepramukaan, Pengetahuan umum, MTK, TIK, dan agama)
2.
Peserta diberikan waktu 3 jam untuk perjalanan
3.
Barang yang harus dibawa:
·
Makanan dan minuman seperlunya
·
Obat-obatan pribadi
·
Perlengkapan sesuai mata lomba masing-masing
-
Tongkat dan anak tongkat
-
Tali tambang
-
Bidai dan mitela
-
Alat tulis
-
Ponco / jas hujan
-
Patok
-
Polybag
Maket
A.
Petunjuk Pelaksanaan
1.
Peserta lomba adalah anggota yang aktif di gugus depan.
2.
Peserta wajib menyelesaikan administrasi (pendaftaran & pembayaran).
3.
Peserta diharuskan sudah berada di lokasi perlombaan 15 menit sebelum acara dimulai.
4.
Peserta memakai pakaian Pramuka lengkap.
5.
Setiap pangkalan mengirimkan 2 peserta (wajib selang sekar).
6.
Peserta wajib membawa perlengkapan masing-masing.
7.
Sebelum perlombaan dimulai, panitia berhak memeriksa seluruh alat dan bahan yang
8.
akan digunakan peserta.
9.
Seluruh proses pembuatan maket harus dilaksanakan di tempat lomba (on the spot).
10. Peserta dilarang membawa kerangka maket setengah jadi.
11. Alat yang diperbolehkan untuk dibawa; cutter/silet, gergaji kecil, dan gunting
12. Peserta dilarang membawa alat komunikasi selama lomba berlangsung.
13. Peserta harus menjaga kebersihan dan ketertiban selama lomba berlangsung.
14. Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia
15. Jika terjadi kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan, panitia berhak mengubah peraturan perlombaan.
16.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
B.
Petunjuk Teknis
1.
Maket yang dibuat adalah kereta
api.
2.
Bahan yang diperbolehkan untuk membuat maket hanya sumpit dan benang.
3.
Sumpit harus berwarna hitam dan dalam keadaan utuh.
4.
Alas diperbolehkan untuk dihias terlebih dahulu.
5.
Peserta yang ingin meninggalkan spot maket, harus izin terlebih dahulu kepada panitia dan panitia berhak memeriksa peserta sebelum dan sesudah peserta meninggalkan spot maket.
6.
Bagi peserta yang terlambat, dipersilahkan mengikuti lomba namun tidak akan mendapat
7.
waktu tambahan.Pada saat 30 menit dan 10 menit terakhir peserta akan diberikan
8.
pemberitahuan.
C.
Peraturan dan Sanksi
1.
Peserta tidak mengenakan pakaian Pramuka lengkap -10 poin/item.
4.
Peserta yang membawa kerangka menara pisa setengah jadi akan didiskualifikasi.
5.
Peserta meminjam atau meminta alat dan bahan kepada peserta lain, -20 poin.
6.
Peserta membawa atau menggunakan alat atau bahan selain yang diperbolehkan, alat atau bahan akan disita serta dikurangi 25 poin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar